Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Can dan Could

Untuk anda yang sedang mempelajari kata kerja bantu atau dikenal dengan istilah auxiliary verb maka sudah barang tentu akan berkenalan dengan modal verb can dan could. Sebenarnya selain itu ada modal verb lain seperti contohnya must, have to, may, might, should, dan lainnya. Namun pada artikel bahasa inggris kali ini kita hanya akan sedikit membahas apa perbedaan antara can dengan could saja.


Can

Can bisa digunakan untuk menyatakan kemampuan (ability), membuat kalimat permintaan (request), dan untuk menyatakan izin (permission). Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu sebagai berikut:

1. Menyatakan kemampuan (ability)

Contoh: i can jump (saya bisa melompat), he can speak arabic (dia bisa berbicara bahasa arab), abdullah can drive a motorcycle (abdullah bisa menyetir sepeda motor).

Baca Juga: Perbedaan Home dan House

2. Membuat kalimat permitaan (request)

Contoh: can you turn off the netbook? (bisakah anda mematikan netbook?), Can you help me? (bisakah anda membantu saya?), can you be speak! (bisakah anda berbicara?).

3. Menyatakan izin (permission)

Contoh: can I smoke in this area? (dapatkah saya merokok di area ini?), lalu anda bisa menjawabnya dengan "you can smoke here (anda bisa merokok disini).

Untuk lebih jelasnya perhatikan formula penggunaan can yaitu S + can + V1 (kalimat positif), S + cannot/can't + V1 (kalimat negatif), Can + S + V1 (kalimat tanya).

Could

Could merupakan bentuk lampau (past) dari can, adapun penggunaannya bisa dipakai untuk menerangkan kemampuan (ability) di masa lampau, dan untuk membuat kalimat permintaan (request) dan juga perintah (order). Mari kita perjelas dengan contohnya berikut ini:

1. Menerangkan kemampuan (ability) di masa lampau

Contoh: i could swim when i was 6 years old (saya bisa berenang ketika saya berusia 6 tahun), abdurrahman could speak 5 languages (abdurrahman sudah bisa berbicara 5 bahasa).

Untuk merubah kalimat tersebut menjadi kalimat negatif, maka anda dapat menambahkan kata "not" setelah could. Contohnya: i could not swim when i was 6 years old (saya tidak bisa berenang ketika saya berusia 6 tahun), abdurrahman couldn't speak 5 languages (abdurrahman tidak bisa berbicara 5 bahasa).

2. Membuat kalimat permintaan (request) dan juga perintah (order)

Contoh: could you help me, please? (bisakah anda menolongku?), could you turn off the netbook, please? (bisakah anda mematikan netbook?), could you tell me where the mosque, please? (bisakah anda memberi tahuku dimana masjid?).

Perbedaan Can dan Could

Setelah melihat uraian beserta contoh-contoh diatas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa letak perbedaannya adalah modal verb could merupakan bentuk lampau (past) dari modal verb can. Selain itu jika dalam sebuah kalimat permintaan dan kalimat perintah maka penggunaan could akan terlihat lebih formal atau lebih sopan jika dibandingkan saat anda menggunakan can pada kalimat tersebut.

Perbedaan Can dan Could Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis