Semua perbedaan ada disini

Tips Sukses Marketing Online

Pada saat ini marketing online telah membawa bisnis besar maupun kecil kedalam pasar dunia yang sangat luas jangkauannya. Namun pasar internet tidak dapat kita taklukan jika tidak memiliki strategi pemasaran yang baik untuk melakukannya secara efektif sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.


Dengan jumlah pilihan cara pemasaran yang beragam tentunya sebuah bisnis baru yang baru saja dibangun akan sedikit bimbang dalam memulai kampanye pemasaran online pertamanya. Untuk itu, sebelum Anda mulai maka luangkan beberapa menit untuk mempertimbangkan tips marketing online berikut ini:

1. Kuatkan Merek

Begitu banyak pilihan yang ditawarkan ke pembaca di Internet, jika Anda tidak memiliki merek yang kuat maka Anda akan dilupakan orang. Sebelum Anda mulai melakukan internet marketing baik itu blogging, berbagi, menambahkan konten, atau menarik pelanggan potensial, maka duduklah untuk bisa menjelaskan bagaimana Anda ingin menyajikan perusahaan, produk, atau layanan Anda kepada pelanggan. Setelah itu buatlah merek online yang konsisten dalam semua upaya pemasaran Anda.

2. Gunakan Sosial Media

Jika Anda tidak menggunakan sosial media untuk memasarkan produk atau jasa Anda, maka Anda telah kehilangan kesempatan besar. Sebagai contoh, Facebook sendiri memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Tapi Facebook bukan satu-satunya situs media sosial. Selain sosial media yang sudah terkenal seperti twitter, google plus, instagram, path, dan lainnya, saat ini ada lebih dari 400 situs sosial media dan masih terus bertambah sepanjang waktu. Carilah situs yang sesuai industri atau produk Anda dan rasakan pertumbuhan pelanggan yang terhubung dengan sosial media tersebut.

3. Buatlah Sebuah Blog

Blogging adalah cara lain untuk secara tidak langsung mempromosikan produk Anda sekaligus menciptakan citra diri Anda sebagai seorang yang ahli di bidang tertentu. Untuk membuat blog yang ramai pengunjung maka pastikan untuk tetap posting artikel secara teratur minimal dua kali dalam satu minggu. Jangan lupa juga untuk merespon secara cepat untuk setiap komentar yang muncul di blog. Selain itu blogging merupakan jerat sempurna untuk menampung banyak pembaca setia Anda dan menetapkannya menjadi pelanggan baru produk atau jasa Anda.

4. Berbagi Pengetahuan

Salah satu cara yang paling sukses untuk pemasaran online ialah dengan terus berbagi pengetahuan yang Anda miliki seputar produk dan jasa yang Anda tawarkan. Orang akan senang jika bertemu dengan orang yang ahli dan mau berbagi pengetahuannya secara percuma. Dengan begitu para pembaca akan mempercayai apa yang Anda rekomendasikan terhadap suatu produk, karena Anda telah membangun hubungan sebelumnya. Pembaca akan merasa bahwa mereka dapat mempercayai Anda dan beralih ke produk Anda, bahkan jika mereka tidak membutuhkannya sekarang.

5. Pelajari Dasar-dasar SEO

Setiap orang akan masuk ke mesin pencari pada saat ia menginginkan suatu informasi di internet dan bayangkan jika blog Anda berada diurutan pertama dan memberi solusi dengan penjelasan yang Anda paparkan. Ilmu SEO berbicara tentang trik dan tips bersaing untuk memnangkan persaingan dalam mesin pencari. Untuk itu bagi seorang pemasar online akan sangat bermanfaat jika ia mengetahui dasar-dasar SEO sehingga pemasaran dapat berjalan dengan baik tanpa perlu menggunakan biaya mahal.

6. Lakukan Terus Menerus

Internet marketing online adalah jalan yang panjang untuk dilalui sampai dapat menghasilkan keuntungan yang mengagumkan. Untuk itu setiap pemasaran perlu upaya berulang-ulang dalam jangka waktu yang panjang. Namun usaha Anda akan sepadan dengan apa yang akan didaptkan kelak saat pelanggan mulai terbentuk di dunia online. Siapkan strategi jangka panjang dan mulailah saat ini juga, karena mungkin saja pesaing Anda saat ini sedang melakukan hal yang sama.

Keenam langkah diatas dapat Anda terapkan dengan mudah jika Anda memahaminya dengan pandangan yang luas mengenai besarnya potensi di Internet. Untuk itu jangan sampai usaha Anda melemah dikarenakan hasil jangka pendek yang kurang memuaskan. Teruskan marketing online dan dapatkan ledakan penjualan produk dan jasa Anda dalam jangka panjang.

Tips Sukses Marketing Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis