Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Cinta dan Sayang

Getaran cinta yang mengalir di dalam relung hati telah menebarkan berbagai wewangian yang semerbak menuju ke segala arah dalam hatiku. Entah mengapa perbedaan cinta dengan sayang tak kunjung dimengerti setelah engkau menguasai hati yang sedang berbunga-bunga ini. Entah inikah yang dinamakan sayang atau hanya perasaan cinta sesaat yang akan pergi setelah berganti musim semi.


Tidak ada yang mengetahui jawaban pasti kecuali hatiku yang berbisik mesra namun begitu malu tuk mengucapkan kata untuk kekasih terpuja. Andai hatiku mampu bicara maka ia akan menceritakan stiap desahan rasa yang menggelora di setiap helaan nafas sayangku. Rindu bercampur rasa kangen menyelimuti hariku menjadikan hidup ini diantara gembira dan rasa takut kehilangan kekasih hati.

Cinta

Pengertian cinta adalah perasaan yang diliputi oleh sikap saling memaklumi dan juga penuh dengan kememaafan, sehingga dapat saling melengkapi antara dua insan yang sedang memadu kasih asmara. Cinta akan menjadi bermakna saat mereka saling memahami dan menerima seseorang apa adanya tanpa melihat sisi buruknya. Dengan cinta dalam hati maka sesuatu yang biasa menjadi sangat indah penuh dengan harapan penuh pesona dan mimpi yang kian menjadi terasa nyata.

Sayang

Pengertian sayang adalah suatu perasaan yang menyelinap dari lubuk hati paling dalam yang secara tulus ingin membahagiakan seseorang walaupun ia pada akhirnya tak dapat memilikinya. Secara umum perasaan sayang tak ubahnya dengan perasaan cinta yang menyelimuti hati seseorang, karena kedua rasa ini muncul setalah melihat keindahan orang yang ia sayang tersebut. Sayang dapat bermakna luas sehingga dia bisa saja menyayangi yang lain selain kekasihnya.

Perbedaan Cinta dan Sayang

Adapun perbedaan yang dapat kita simpulakan yaitu cinta merupakan sebuah kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Sedangkan sayang adalah perasaan cinta yang lebih bersifat umum, sehingga tidak hanya ditujukan pada seseorang saja tetapi dapat ditujukan juga pada sesuatu yang lain, seperti misalnya cinta kepada Allah swt, cinta rasul, cinta agama, dan cinta lainnya.

Pada penggunaan bahasa sehari-hari maka perbedaan cinta dengan sayang tidak terlihat dengan jelas, sebab kedua kata ini biasa digunakan secara bersama-sama dalam suatu percakapan. Sehingga masyarakat umum banyak mengira bahwa cinta dan sayang adalah dua kata yang mirip sama, atau dengan kata lain kedua kata tersebut memiliki banyak persamaan yang sulit untuk dibedakan secara jelas.

Perbedaan Cinta dan Sayang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis