Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Siswa dan Mahasiswa

Para peserta didik dalam sebuah sekolah ataupun universitas akan menjadi manusia terbaik jika diberikan ilmu yang bermanfaat bagi masa depannya. Namun sebenarnya apa perbedaan siswa dan mahasiswa jika dilihat dari segi bahasa maupun istilahnya.


Siswa

Pengertian siswa atau siswi merupakan sebuah istilah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Siswa adalah komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Sebagai suatu komponen pendidikan, siswa dapat ditinjau dari berbagai pendekatan antara lain: pendekatan sosial, psikologis, dan edukatif.

Mahasiswa

Pengertian mahasiswa adalah sebuah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Definisi ini diambil dari suku kata pembentuknya yaitu Maha dan Siswa, atau pelajar yang paling tinggi levelnya. Sebagai seorang pelajar tertinggi, tentu mahasiswa sudah terpelajar, sebab mereka tinggal menyempurnakan pembelajarannya hingga menjadi manusia terpelajar yang paripurna.

Perbedaan Siswa dan Mahasiswa

Ada beberapa hal yang dapat ditarik kesimpulan sebagai pembeda antara siswa dan mahasiswa, diantaranya ialah siswa adalah peserta didik yang melanjutkan studi di SMP/SMA/SMK, sedangkan mahasiswa adalah peserta didik yang melanjutkan studi di perguruan tinggi. Mahasiswa adalah bentuk metamorfosis dari siswa, dimana kita lebih dituntut untuk menjadi mandiri dan kreatif.

Seorang mahasiswa biasanya sudah memiliki pemikiran untuk lima tahun ke depan, sedangkan seorang siswa biasanya hanya memiliki pemikiran untuk lima hari ke depan. Dengan kata lain, mahasiswa sudah memiliki tujuan hidup yang jelas dan cara pandang yang luas.

Seorang siswa biasanya hanya dituntut untuk sekedar tahu. Namun, seorang mahasiswa dituntut tidak hanya untuk tahu saja, tetapi juga bertindak; baik modal bersikap maupun logika dalam bertindak.

Sehingga mahasiswa adalah kesempatan untuk menetapkan jati diri kita sehingga kita menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan komunikatif dalam memecahkan persoalan kehidupan.

Perbedaan Siswa dan Mahasiswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis