Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat fitrah dan zakat mal adalah dua jenis zakat yang berbeda dalam agama Islam. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan sebelum hari raya Idul Fitri, sedangkan zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memiliki harta atau kekayaan yang mencapai nisab dan telah mencapai haul.

Zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok seperti beras, gandum, atau uang sebesar nilai dari makanan pokok tersebut, sedangkan zakat mal dikeluarkan berupa harta yang telah mencapai nisab seperti uang, emas, perak, saham, atau barang lainnya.

Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jumlah orang yang berada di satu keluarga, karena kewajiban zakat fitrah dihitung per orang, sedangkan besaran zakat mal ditentukan berdasarkan jenis dan nilai harta yang dimiliki.

akat fitrah dikeluarkan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa , sedangkan zakat mal dikeluarkan untuk membersihkan harta agar menjadi harta yang halal dan penuh barokah. Dengan kita mengeluarkan zakat maka akan banyak membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan.

Zakar fitrah dikeluarkan setiap tahun pada bulan suci ramadhan, sedangkan zakat mal hanya dikeluarkan jika harta yang dimiliki telah mencapai nisab dan telah mencapai masa haul.

Irulah beberapa perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal dalam agama Islam.

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis