Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas

Bahan kain semakin beragam seiring dengan perkembangan fashion dan ceruk pasar yang lebih spesifik. Untuk beberapa kerajinan tangan seperti halnya produk tas, sepatu, dompet, dan aksesoris lainnya banyak yang menggunakan kain blacu dan kanvas. Sebagian orang masih belum memahami apa perbedaan antara kain blacu dengan kain kanvas yang kadang digunakan dalam produk yang sama.


Kain Blacu

Kain blacu adalah bahan kain turunan dari kain jenis mori dengan serat yang sedikit agak kasar. Kain mori dikenal sebagai kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai oleh para pengrajin sebagai bahan membuat batik.

Setidaknya ada dua jenis kain mori yang beredar dipasaran, yaitu kain mori yang belum melalui proses pemutihan dan kain mori yang telah dilakukan proses bleaching atau pemutihan. Kain mori yang belum diputihkan itulah yang disebut dengan kain blacu, sehingga warnanya tidak putih mulus melainkan putih gading.

Kain Kanvas

Jika anda mencari kain kanvas maka orang akan menunjukan kain kanvas lukis, padahal itu hanya salah satu jenis dari kain kanvas. Karena ada jenis lain yang disebut baby canvas yang memiliki keunggulan serat kain lebih halus dan tidak kaku. Berbeda dengan kain kanvas lukis yang memiliki tekstur kasar dan tebal.

Dengan menggunakan kain kanvas maka produk kerajinan seperti tas dan dompet akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kain blacu yang lebih kasar dan kaku. Untuk itu jika anda berencana akan membuat kerajinan yang memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran, sebaiknya gunakan kain jenis kanvas ini.

Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas

Perbedaan utama yang dapat kita lihat dari produk jadi yang berasal dari kedua bahan ini ialah pada sisi ketebalan dan harga. Tas blacu lebih tipis dan sedikit agak kasar jika dipegang, sedangkan kain kanvas terasa lebih tebal dan halus. Selain itu harga kain blacu lebih murah dibandingkan kain kanvas yang sedikit agak mahal.

Demikian uraian mengenai perbedaan kain blacu dan kain kanvas yang dapat saya sampaikan secara ringkas. Semoga dapat membantu anda para pembaca yang sedang mencari bahan kain yang tepat untuk kreasi unik dan cantik tentunya.

Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis