Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Bencana alam yang terjadi di sepanjang tahun ini menyadarkan kita akan ketidak berdayaan usaha dan kemampuan manusia dihadapan Allah swt. tuhan semesta alam. Perbedaan angin puting beliung dengan angin tornado akan membuka pikiran kita akan kemaha besaran Allah swt. yang telah menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Angin yang bertiup sepoi-sepoi akan berubah dengan perintah-Nya menjadi angin yang besar dan mematikan, untuk itu bertaubatlah saudaraku.

Angin Puting Beliung


Pengertian angin puting beliung adalah angin yang bergerak memutar dengan cepat yaitu sekitar 65 km/jam. Puting beliung terus bergerak secara garis lurus dengan durasi kejadian maksimum sekitar 5 menit. Ada juga yang menyebut angin ini dengan sebutang angin leysus, atau di pulau Sumatera orang menyebutnya dengan angin bohorok dan masih ada nama lain yang berbeda di beberapa daerah.

Waktu yang sering terjadi angin puting beliung adalah pada musim pancarabo atau perpindahan musim. Pada umumnya terjadi pada siang hari atau sore hari sehingga kita harus berhati-hati. Kekuatan angin ini sangat besar dan dahsyat sehingga dapat menghancurkan apapun yang dilewatinya, karena jika benda terkena pusarannya maka benda tersebut akan terangkat dan terlempar entah kemana.

Angin Tornado


Pengertian angin tornado adalah suatu kolom udara yang berputar sangat kencang dan membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan bagian permukaan tanah. Pada umumnya angin tornado muncul dalam bentuk corong kondensasi yang terlihat jelas, dimana ujung yang menyentuh bumi menyempit dan diselimuti awan pembawa puing-puing.

Angin tornado memiliki kecepatan sekitar 177 km/jam dengan jangkauan sekitar 75 meter dan menempuh perjalanan beberapa kilometer sebelum akhirnya terlihat menghilang. Tornado lebih sering terjadi di negara Amerika Serikat, Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada, Asia, Amerika Latin, Eropa, Italia, dan Australia.

Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Kekuatan angin puting beliung lebih kecil daripada angin tornado yang lebih dasyat kekuatannya. Angin puting beliung bisa terjadi di mana saja, sedangkan angin tornado hanya bisa terjadi di hamparan yang memiliki area sangat luas.

Puting beliung ditimbulkan oleh sebagian kecil awan comolunimbus, sedangkan angin tornado disebabkan oleh puluhan awan comolunimbus. Angin puting beliung terjadi dalam waktu singkat, sedangkan angin tornado berlangsung cukup lama.

Waktu pembentukan angin puting beliung relatif singkat, sedangkan pembentukan angin tornado membutuhkan waktu yang lama hingga tiga hari. Kemunculan angin puting beliung sangat sulit diprediksi karena proses pembentukannya sangat cepat, sedangkan kemunculan angin tornado dapat mudah diprediksi oleh para ahli.

Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis