Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Akik Asli dan Palsu

Batu akik tengah menjadi perbincangan hangat di setiap kalangan, baik di kalangan muda, tua, pengangguran, pejabat, bahkan disemua lapisan masyarakat sedang merasakan demam batu akik. Dalam meningkatnya minat masyarakat terhadap batu mulailah muncul orang yang mencari keuntungan dengan cepat dengan menjual batu palsu, imitasi, pasakan, atau tiruan dari bahan plastik maupun kaca.


Perbedaan batu asli dan palsu sebenarnya cukup mudah terlihat, apalagi bagi anda yang telah menjadi penggemar batu yang sudah bertahun-tahun lamanya. Namun teknik cara membedakan batu akik asli dengan yang palsu berikut ini sebenarnya ditujukan untuk pemula yang masih awam dengan karakteristik batu dan ciri-ciri keasliannya. Mari kita simak bersama penjelasan singkat berikut.

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan para pedagang nakal dengan menjual batu akik palsu maka pertama kali yang harus anda perhatikan adalah tampilan batu tersebut. Setiap batu akik memiliki karakteristik tersendiri, namun semuanya memiliki kesamaan yakni memiliki urat atau serat batu yang terlihat jelas saat ditembus cahaya. Hal ini tidak dimiliki oleh batu akik tiruan, karena biasanya yang terlihat adalah cahaya tembus dengan sempurna tanpa adanya penghalang serat.

Jika cara ini masih sulit sebaiknya anda mengajak teman yang sudah terbiasa membeli batu akik dengan pengalaman yang cukup. Karena diperlukan sedikit insting untuk mencium keaslian batu dari tampilannya saja. Dengan mengajak teman maka setidaknya anda akan mendapatkan pandangan yang lebih baik terhadap batu yang akan anda beli.

Cara lain untuk terhindar dari kesalahan dalam membeli, yaitu dengan membeli batu di toko gemstone terkenal atau ternama yang biasa berkumpul para pecinta batu ditempat itu. Ada banyak toko yang berubah menjadi pusat pertemuan para kolektor batu dari berbagai tempat, sehingga batu akik asli dapat dengan mudah anda dapat. Selain membeli batu maka anda juga dapat berkenalan dengan para pecinta batu akik dan permata di kota anda dan dapat menyerap ilmu mereka seputar cincin dan liontin batu.

Beberapa alat yang sebaiknya anda bawa atau bisa dibeli di toko gemstone adalah lampu senter fokus yang dapat menembus batu dan kaca pembesar yang berfungsi melihat serat batu sehingga dapat terlihat keasliannya. Kaca pembesar juga bermanfaat untuk melihat crack atau retak pada permukaan batu dan hindari membeli batu yang memiliki keretakan walaupun kecil karena bisa jadi setelah anda beli retak tersebut semakin meluas.

Jika anda menilai dari sisi berat maka batu akik dan permata asli memiliki berat lebih besar dibandingkan yang palsu. Untuk itu bawalah batu dengan jenis yang sama lalu bandingkan beratnya, jika berat terlalu ringan maka anda harus waspada jangan-jangan batu akik tersebut adalah imitasi yang terbuat dari plastik.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai perbedaan batu akik asli dengan yang palsu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari cincin batu akik kesayangan.

Perbedaan Batu Akik Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis