Peluang yang semakin luas di dunia online saat ini menjadi daya tarik tersendiri terhadap pelaku bisnis offline untuk menjalankan usaha nya tersebut secara online.
Dalam pelaksanaan nya tentu saja banyak hal yang berbeda, baik secara strategi pemasaran, branding, manajemen. Bisnis offline bisa memasarkan produknya dengan cara memajang barang di toko yang ramai pengunjung. Susunan barang yang rapih dan konsep tata letak yang pas maka akan menarik minat pembeli.
Sedangkan di bisnis online pajangan barang tersebut di ganti dengan susunan foto dan deskripsi produk yang baik dan di susun dalam kategori yang rapih, sehingga mudah di temukan oleh pengunjung toko online kita.
Mengenai pembayaran di toko offline maka akan ada transaksi secara tunai, maka kita harus mencetak bukti transaksi itu, dengan layanan kasir yang ramah, dan uang kembalian yang selalu siap sedia.
Adapun toko online maka tidak ada tatap muka langsung, sehingga kita harus menyiapkan sistem pembayaran yang memudahkan pembeli. Misalnya form order yang menarik, pembayaran bisa di lakukan dengan berbagai cara (misalnya melalui transfer bank, alfamart, indomart, kantor pos, dll.). Satu lagi yaitu proses retur barang atau form komplain barang yang memudahkan pembeli yang kecewa akan barang yang di beli untuk melakukan retur.
Bisnis offline untuk melakukan pengiriman biasanya menggunakan kendaraan pribadi baik dengan motor atau mobil. Sedangkan untuk bisnis online karena jangkauan nya yang luas untuk seluruh Indonesia bahkan dunia, maka pengiriman kita lakukan dengan pihak ekspedisi yang terpilih.
Untuk saat ini sudah banyak marketplace (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll.) yang mempermudah bagi pelaku bisnis online untuk memulai usahanya tanpa harus memikirkan kerumitan sistem pemasaran tersebut. Hanya dengan daftar toko dan melakukan beberapa pengaturan saja maka kita sudah siap memajang barang dagangan kita di marketplace tersebut.
Jadi perbedaan cara menjalankan bisnis online dan offline memang berbeda. Sehingga para pengusaha harus mengupgrade pengetahuan serta keahliannya untuk bersaing di bisnis online.