Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Garut dan Bacan

Batu garut hijau dan batu bacan doko maupun palamea merupakan batu berkelas dengan tekstur yang hampir mirip jika dilihat sekilas pandang. Adapun jika anda bertanya tentang apa perbedaan batu garut dengan bacan maka perhatikan penjelasan yang mungkin akan menjadi pengetahuan batu akik dan permata baru untuk anda.


Batu garut hijau merupakan batuan asal Garut, provinsi Jawa Barat yang namanya menjadi cukup terkenal semenjak negeri kita dilanda demam batu. Jika dilihat dari tampilan warna maka sekilas akan terlihat menyerupai batu akik bacan asal halmahera dengan dominan warna hijau tua. Untuk itu perlu diperhatikan dengan seksama apakah batu tersebut termasuk batu garut atau batu bacan.

Harga batu bacan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batu garut, untuk itu beberapa pedagang yang kurang jujur memanfaatkan situasi ini. Mereka memoles batu garut yang sudah kristal dan membandrol dengan harga bacan. Pastinya ini sangat mengecewakan bagi pembeli karena mereka telah tertipu dengan permainan para pedagang nakal tersebut, jadi berhati-hatilah sebelum membeli.

Perbedaan Batu Garut dan Bacan

Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan yaitu pada saat batu bacan asli disimpan maka guratan hitam yang melekat pada permukaannya akan berubah menjadi warna hijau sedangkan pada batu garut yang disimpan tidak akan berubah.

Begitu juga jika batu garut disenter maka akan terlihat serat-serat yang berbeda dengan serat yang biasa kita temui pada batu akik bacan. Serat batu garut saat disinari akan terlihat seperti lumut, namun serat batu bacan akan terlihat seperti bentuk jelly.

Jika dilihat dari sisi kandungan yang membentuk kedua batu ini, maka kita akan mendapatkan perbedaan yakni pada batu garut kandungannya murni chalsedony. Sedangkan pada batu bacan kandungannya adalah cryshocolla atau gabungan keduanya, sehingga menghasilkan penampakan alur serat yang berbeda.

Batu garut berasal dari kabupaten Garut provinsi Jawa Barat, sedangkan batu bacan berasal dari pulau Kasiruta, desa Doko dan desa Palamea, kecamatan Bacan Barat, provinsi Maluku Utara. Harga batu garut asli yang sudah kristal lebih rendah dibandingkan dengan harga batu bacan asli yang sudah kristal dan warna hijaunya merata.

Demikian tentang cara membedakan batu garut dengan batu bacan sehingga tidak akan terjadi kesalahan pada saat membeli dimasa mendatang. Perhatikanlah kedua jenis batu ini dengan seksama, maka anda akan melihat dengan jelas perbedaan keduanya.

Perbedaan Batu Garut dan Bacan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis