Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia

Wanita cantik penuh dengan talenta akan mudah anda lihat di ajang miss Indonesia dan puteri Indonesia yang diselenggarakan untuk mencari bibit-bibit baru yang bisa bersaing di dunia internasional. Namun ada sebagian dari anda yang sedang mencari apa perbedaan antara Miss Indonesia dengan Puteri Indonesia sehingga kedua ajang bergengsi ini tidak lagi dicampuradukan dalam penafsiran anda.


Tema dari kedua ajang ini adalah mengenai kecantikan seorang wanita Indonesia yang dipenuhi dengan berbagai keterampilan seperti bahasa, merias diri, sopan-santun, pemahaman tentang budaya Indonesia, kemampuan berkomunikasi, dan kriteria lainnya. Para peserta diwajibkan mengikuti serangkaian pelatihan dan test sehingga sesuai dengan persyaratan kontes kecantikan tersebut.

Miss Indonesia

Pengertian Miss Indonesia adalah sebuah kontes kecantikan yang ada di Indonesia dengan MNC Group sebagai pihak penyelenggara melalui sebuah yayasan yang bernama Yayasan Miss Indonesia dengan dukungan penuh dari sebuah perusahaan kosmetik besar di Indonesia yaitu Sari Ayu.

Maksud kontes kecantikan Miss Indonesia diadakan adalah untuk mempersiapkan figur seorang wanita Indonesia yang nantinya akan menjadi duta di bidang sosial, budaya, dan ekonomi pada forum-forum berkelas internasional. Adapun slogan yang diusung oleh Miss Indonesia adalah saatnya mata dunia tertuju padamu.

Puteri Indonesia

Pengertian Puteri Indonesia adalah sebuah kontes kecantikan yang ada di Indonesia dengan Yayasan Puteri Indonesia sebagai penyelenggara dan disponsori oleh perusahaan kosmetik besar yaitu Mustika Ratu. Yayasan Puteri Indonesia saat ini diketuai oleh Mooryati Soedibyo dan kontes berlangsung sejak tahun 1992.

Pemenang kontes Puteri Indonesia akan menjadi duta Indonesia dalam kegiatan-kegiatan yang bertaraf Internasional dan ikut serta dalam memajukan komoditas ekspor, pariwisata, serta budaya Indonesia. Puteri Indonesia juga melakukan berbagai aksi sosial ke daerah yang membutuhkan untuk memberikan bantuan.

Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia

Dari uraian diatas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perbedaan Miss Indonesia dengan Puteri Indonesia salah satunya adalah dalam hal penyelenggara. Penyelenggara Miss Indonesia adalah Yayasan Miss Indonesia dengan sponsor utama yaitu Sari Ayu, sedangkan penyelenggara Puteri Indonesia adalah Yayasan Puteri Indonesia dengan sponsor utama yaitu Mustika Ratu.

Peserta Miss Indonesia adalah wanita yang memenuhi syarat dan ketentuan pihak penyelenggara, sedangkan peserta Puteri Indonesia adalah wanita yang menjadi perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia.

Kriteri penilaian Miss Indonesia adalah manner (perilaku), imressive (kesan), smart (pintar), dan social (peduli). Sedangkan kriteria penilaian Puteri Indonesia adalah brain (cerdas), beauty (cantik), dan behavior (baik).

Pemenang Miss Indonesia akan mewakili Indonesia di kontes kecantikan tingkat dunia yaitu Miss World. Sedangkan pemenang Puteri Indonesia akan mewakili Indonesia di ajang kontes kecantikan tingkat dunia yaitu Miss Universe.

Malam penganugerahan Miss Indonesia ditayangkan secara live oleh RCTI, namun malam penganugerahan Puteri Indonesia ditayangkan secara live oleh Indosiar.

Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis