Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Tanah dan Lahan

Luas tanah di perkotaan memang luas namun dengan semakin padatnya jumlah penduduk sehingga lahan yang digunakan untuk pertaniah makin menyempit. Dari pernyataan tersebut mungkin akan timbul pertanyaan apa perbedaan antara tanah dengan lahan jika dilihat dari arti dan penerapan dalam kalimat yang digunakan.


Indonesia diberikan karunia oleh Allah swt. berupa tanah yang subur sehingga apapun yang di tanam di tanah air ini akan tumbuh dan berbuah. Namun tanah yang subur tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak mengelolanya dengan baik. Untuk itu diperlukan generasi muda yang memiliki kemauan untuk mengelola sumber daya alam yang berlimpah di negeri seribu pulau ini demi kemakmuran kita semua.

Tanah

Pengertian tanah adalah bagian dari kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Fungsi tanah sangat penting dalam menopang kehidupan hewan, tumbuh-tumbuhan, dan manusia di muka bumi. Sebab tanah dapat menumbuhkan berbagai tumbuhan serta menyimpan air bersih yang dibutuhkan makhluk hidup.

Struktur tanah yang baik untuk akar pepohonan adalah tanah yang memiliki rongga sehingga akar dapat tumbuh dengan leluasa dan dapat bernafas dengan lancar. Tanah juga merupakan habitat hidup dari berbagai mikroorganisme yang mungkin kita sendiri tidak mengenalnya. Bagi sebagian besar hewan yang hidup di darat, tanah merupakan bagian paling penting dari kehidupannya.

Ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai aspek mengenai tanah dikenal sebagai ilmu tanah. Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan air dan menekan erosi, meskipun tanah sendiri juga dapat tererosi. Komposisi tanah berbeda-beda pada satu lokasi dengan lokasi yang lain.

Lahan

Pengertian lahan jika dilihat dari sudut pandang ilmu ekonomi serta ilmu pertanian adalah mencakup semua sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan baik berada di bawah, pada, maupun di atas permukaan suatu bidang geografis.

Banyak orang yang menyamakan pengertian antara tanah dengan lahan, padahal pada kenyataannya lahan tidak selalu berupa tanah. Lahan dapat juga mencakup pengertian seperti kolam, rawa, danau, atau bahkan lautan di samudera luas.

Sesuai dengan pengertiannya maka kandungan mineral yang berada di bawah permukaan lahan atau lokasi orbit geostasioner di atas suatu permukaan lahan juga menjadi bagian dari lahan itu sendiri dan ini menentukan nilai ekonominya. Untuk mengukur sebidang lahan, maka orang biasanya menggunakan satuan luas.

Perbedaan Tanah dan Lahan

Tanah memiliki pengertian yang lebih sempit dibandingkan dengan pengertian lahan. Tanah adalah bagian dari kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik, sedangkan lahan adalah mencakup semua sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan baik di bawah, pada, maupun di atas permukaan bidang geografis.

Sehingga dengan kata lain tanah merupakan bagian dari lahan. Untuk itu kita harus menjaga setiap jengkal tanah yang kita miliki untuk dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri dan masyarakat.

Perbedaan Tanah dan Lahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis